Senin, 24 Mei 2010

Mari Hemat Gas Elpiji Kita




Harga BBM ?? dalam sejarahnya... mana pernah turun... yang  ada malah naik terus. Sudah begitu semua harga barang ikutan naik, sebagai ibu rumah tangga berapapun harga BBM naik dapur harus tetap mengepul, mulut harus disuapi agar perut bisa terisi. 

Ada nggak sih sesuatu yang bisa meringankan dompet kita, ditengah situasi yang rumit itu. Kita coba yuk dari cara yang simple, dengan merubah kebiasaan memasak kita tapi sedapat mungkin dengan tidak mengurangi nilai gizi dan cita rasa.



  1. Memasak air atau merebus sesuatu biasakan dengan menutup panci agar air lebih cepat panas, membuka  panci akan membuat lebih banyak udara yang harus terpanaskan, akibatnya gas akan lebih banyak terpakai.
  2. Beli masakan diluar tapi makannya masih lama, masukkan saja dalam lemari es. Bukankah lemari es kita menyala 24 jam, setidaknya kita bisa mengambil lebih banyak manfaat pada energi listrik dengan menghemat pemakaian gas kita. Baru ketika akan disantap, kita hangatkan sebentar di rice cooker atau dipanaskan dengan kompor.
  3. Mau menggoreng krupuk ? jemur dulu dibawah sinar matahari atau apabila hari hujan, krupuk mentah bisa kita sangrai sebentar diatas penggorengan tanpa minyak. Maka kita tidak perlu terlalu lama menghabiskan waktu waktu dengan menggoreng krupuk.
  4. Jangan terlalu lama menumis sayuran, disamping gizinya bisa hilang,  rasanya pun juga kurang lezat.

 Semoga Bermanfaat ya..... ^__^  




Tidak ada komentar: